Kehadiran Internet of Things (IoT) sedikit banyak telah merevolusi dunia teknologi dan mempengaruhi performa atau performance bisnis. Hal ini memungkinkan lahirnya model bisnis baru, meningkatkan layanan kesehatan, dan membuat interaksi menjadi lebih lancar. Tidak seperti dulu ketika perusahaan beroperasi secara offline dan hanya mendapatkan pelanggan door to door, IoT justru memudahkan untuk memperoleh atensi pelanggan.
Hal ini berarti lebih mudah untuk memahami perilaku pelanggan dan kebutuhan produk. IoT juga mendukung proses peningkatan berkelanjutan dan berdampak pada keterlibatan dan produktivitas karyawan. Saat kondisi tertentu terpenuhi, IoT dalam bisnis dapat secara mandiri mengarahkan komputer untuk melakukan transaksi dalam rantai pasokan sektor tertentu.
Terdapat banyak industri yang hari ini sudah memanfaatkan Internet of Things untuk memaksimalkan kegiatan operasionalnya agar lebih efisien dan mampu memahami keinginan pelanggan sehingga dapat meraih performance bisnis lebih baik dan membantu untuk melakukan pengambilan keputusan bisnis secara tepat dan presisi.
Berikut adalah manfaat Internet of Things (IoT) untuk meningkatkan performance bisnis, yaitu:
1. Meningkatkan Produktivitas Bisnis
Manfaat yang bisa diperoleh dari penggunaan IoT bagi bisnis yang pertama yaitu peningkatan produktivitas perusahaan. Karena tugas-tugas teknis dalam perusahaan bisa dilakukan secara otomatis dengan memanfaatkan bantuan dari IoT. Ini membuat tenaga kerja manusia bisa dialihkan untuk tugas-tugas yang lebih kompleks dan membutuhkan keterampilan pribadi, terutama dalam sumbangsih pemikiran out of the box yang tidak bisa dilakukan oleh mesin.
2. Operasional yang Lebih Efisien
Pemanfaatan Internet of Things juga membuat operasional bisnis menjadi jauh lebih efisien. Ini dikarenakan ada banyak operasi bisnis yang bisa dilakukan secara otomatis dengan penggunaan IoT. Seperti untuk memanage inventaris, melacak pengiriman, memanage bahan bakar, sampai suku cadang. Dalam hal ini, IoT berfungsi dengan cara melibatkan penggunaan tag RFID dan jaringan sensor yang relevan untuk melacak lokasi peralatan dan barang perusahaan.
3. Ketepatan Penggunaan Sumber Daya dan Aset
Internet of Things juga bisa membantu perusahaan untuk memanfaatkan sumber daya dan aset dengan tingkat presisi yang tinggi. Pasalnya, IoT ini bisa membuat schedule dan pemantauan otomatis melalui sensor yang saling terkoneksi, sehingga penggunaan sumber daya bisa lebih efisien dan mendapatkan presisi tinggi dalam meningkatkan performance bisnis.
4. Menghemat Pengeluaran
Dengan memanfaatkan penggunaan IoT, aktivitas bisnis bisa dilakukan secara lebih cepat dan efisien, sehingga dapat menghemat cost produksi secara berkesinambungan. Pemeliharaan bisnis yang terjadwal dan terkontrol secara otomatis, seperti memantau ketersediaan bahan baku, keuangan dan manajemen teknis lainnya.
5. Memastikan Keselamatan Pekerja
Penggunaan IoT untuk bisnis juga bisa menjamin keselamatan operasional dan kepatuhan pekerja terhadap peraturan yang diperlukan selama proses produksi berlangsung. Pemanfaatan Internet of Things juga membantu mengurangi kemungkinan human error pada tahap operasi bisnis, dan akan berkontribusi pada tingkat keamanan yang lebih tinggi. Bukan hanya itu, jaringan perangkat IoT seperti kamera pengintai, sensor gerak, dan perangkat pemantauan lainnya juga bisa dipakai untuk menjamin keamanan perusahaan dan mencegah tindakan kriminal.
6. Bisnis Semakin Berkembang
Perangkat yang sudah tersistem dengan IoT bisa menghimpun beragam data yang diperlukan perusahaan. Internet of Things juga bisa membantu bisnis untuk berkembang dan selangkah lebih jauh karena ketersediaan data yang bisa dianalisis untuk membuat keputusan lebih tepat perusahaan. Selain itu, IoT bisa membantu perusahaan untuk mengembangkan strategi bisnis, iklan yang ditargetkan, penyesuaian kebijakan harga dan berbagai aktivitas pemasaran atau manajemen lain melalui sejumlah besar data spesifik pengguna yang dikumpulkan. Hal ini pada akhirnya bisa membuat bisnis semakin berkembang dan lebih unggul dari pesaing.
7. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
Pemanfaatan perangkat IoT merupakan hal yang bisa membantu untuk meraih kepuasan pelanggan secara optimal. Ini dikarenakan perusahaan bisa dibantu dari data pelanggan yang telah dihimpun oleh sistem IoT. Dari data pelanggan tersebut, perusahaan pada akhirnya bisa memahami apa yang menjadi harapan dan keinginan pelanggan untuk dapat terus menggunakan produknya. Misalnya dengan melacak secara otomatis dan mengingatkan pelanggan untuk memelihara peralatan (produk) yang sudah dibeli pasca periode pemakaian yang telah ditentukan, berakhirnya masa garansi, dan lain sebagainya.
8. Menciptakan Citra Bisnis yang Positif
IoT merupakan sesuatu yang bisa membuat citra bisnis yang positif. Baik citra pada pelanggan, investor, dan stakeholder lain dengan menawarkan beragam keunggulan yang dimiliki oleh perusahaan. Citra bisnis bagi perusahaan bisa membantu menemukan seorang profesional atau staf berpengalaman saat diperlukan. Hal ini berimbas pada performance bisnis yang meningkat di masa depan.
Pelajari lebih lanjut dan dapatkan konsultasi secara gratis mengenai seluk beluk Internet of Things dan beragam jenis penerapannya pada kontak di bawah ini :
Elga Aris Prastyo, S.Pd, S.E : 081515889939 (Whatsapp)
0 Komentar